Friday, May 19, 2017

Makanan dan Minuman Khas Madura Yang Populer

Spesial Makanan Madura


Madura, meski pulau ini terletak di seberang pulau jawa, tapi bahasa daerahnya sama sekali berbeda. Logatnya cukup unik, dan hampir semua penduduknya menggunakan bahasa Madura. Tapi tak perlu takut jelajah di Madura, karena Anda masih bisa menggunakan Bahasa Indonesia.

Kota ini memiliki banyak pantai dan memiliki jembatan Suramadu yang terkenal sebagai penghubung dengan Surabaya. Pada saat-saat tertentu, pulau Madura akan ramai dikunjungi oleh peziarah yang mengunjungi makam - makam wali dan situs sejarah serta yang religius. Dan jika Anda datang pada bulan Agustus, September, atau Oktober, Anda bisa melihat pertunjukan Cow Bull Racing khas Madura. Terkenal akan satenya, bukan di Madura hanya ada sate. Banyak makanan khas Madura lainnya yang bisa Anda cicipi jika ada perjalanan ke sana, yaitu sebagai berikut:

1. Khas madura pamekasan


Seperti halnya Kabupaten Pamekasan Kabupaten Bangkalan yang berada di Pulau Madura juga memiliki berbagai kuliner yang unik. Keistimewaan makanan Madura yang diminati banyak kalangan lajang Pamekasan. Meski dinamakan demikian, tidak berarti Anda akan disuguhi hidangan berbahan lalat. Karena potongan daging menjadi kecil dan menyerupai lalat, menyebabkan makanan memiliki nama unik seperti itu.

Selain sate lalat, ada juga soto lorjuk. Soto memiliki bahan yang hampir sama dengan soto secara umum. Tapi yang membuatnya istimewa adalah campuran kerang lorjuk dan petis tambahan juga dibuat dengan kerang lorjuk. Untuk minumannya, Pamekasan telah wedang pokak menghangatkan tubuh yang pas dan sangat mabuk saat musim hujan. Wedang daun ini terbuat dari serai, cengkeh, jahe yang sudah digeprek, daun pandan dan gula batu.


2. Khas madura sampang


Satu lagi kawasan Madura yang memiliki kelezatan kuliner dan terkenal, Kabupaten Sampang. Kawasan ini berjarak kurang lebih seratus kilometer dari Surabaya. Keistimewaan Madura Sampang adalah Nasi Kobel yang berasal dari pasokan perikanan yang diberikan oleh istrinya. Nasi Kobel adalah beras ditambah dengan ikan, sambal kelapa bakar di atas cowek, dan sambal buje cabbih. Sambal adalah cabbih chili buje dan garamnya dilumatkan tanpa menggunakan air.

Sampang juga menjadi salah satu pecinta bebek daging karena bebek memiliki songkem. Keistimewaan rasa dari bebek songkem ini karena lamanya proses pembuatannya, dikukus selama tiga jam. Bebek yang telah diremas dengan bumbu dan dibungkus daun pisang yang menjadi lebih lezat dan empuk. Bagi penggemar sapi, Anda bisa mengunjungi depot Al-Ghazali menjual sum-sum dan disajikan lengkap dengan tulang lututnya. Presentasi unik kedai ini buka sejak pukul tujuh pagi para pengunjung bisa makan sum sum dengan sedotan.

3. Otok


Cari tempat baru pasti harus mengambil sendiri untuk membeli buah tangan sebagai hiburan bagi saudara yang tidak ikut serta. Souvenir Madura yang cukup populer adalah otok. Otok adalah biji kacang panjang yang digoreng dan dibumbui dengan berbagai rasa, seperti manis, gurih, pedas, dan asin. Camilan tradisional Madura bisa dimiliki dengan membayar sekitar 12.500 rupiah saja. Khas dan unik rasanya sangat cocok untuk perjalanan atau teman yang diberikan kepada kerabat sebagai toko suvenir.

4. Nasi Jagung


Keistimewaan Madura harus dicoba saat dalam perjalanan ke sisi lain dari Surabaya yaitu nasi jagung. Jagung ini bisa dibilang merupakan makanan yang ditemukan di seluruh Indonesia. Tapi rasa nasi jagung di Madura lebih enak apalagi jika ditambah gudangan, cracker, dan pepes sebagai pelengkap. Makanan dengan kadar glukosa rendah sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan dan kadar gula dalam tubuh.


5. Sewel


Kawasan pulau yang dikelilingi oleh lautan membuat berbagai olahan ikan, bahkan kerang udang pun mudah ditemukan. Salah satu cemilan lokal khas yang memanfaatkan kekayaan sumber daya alam adalah Sewel. Bahan dasar camilan tradisional ini adalah kanji, udang, serta rempah-rempah yang lezat. Untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna, kami merekomendasikan Sewel ini dinikmati dengan saus kacang pedas. Harga camilan gurih yang menjadi favorit masyarakat setempat saat bulan Ramadhan sangat terjangkau, yaitu hanya 500 per biji


6. Kaldu Kokot


Makanan khas Madura yang satu ini juga sangat unik dan sulit ditemukan di daerah lain. Stok staples adalah sup kacang hijau yang diberi nama kikil atau daging sapi dan aneka bumbu sebagai pelengkap rasanya. Makanan ini biasanya dinikmati dengan nasi, tapi sering juga orang mengonsumsinya dengan nasi. Jika kebetulan kebetulan di Pulau ini, tidak ada salahnya mencoba kuliner unik ini.


7. Kobbhu '


Minuman khas Madura yang termasuk favorit adalah kobbhu '. Ini terlihat sangat mirip dengan jahe tapi wedang kobbhu 'sama sekali tidak menggunakan jahe sebagai bahan. Minumnya segar dengan menggunakan kelapa muda, santan, gula merah dan serai.

itulah beberapa makanan dan minuman unik dan menarik khas dari Madura dan sekitarnya..semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment