Friday, May 19, 2017

Pesona Kuliner dan Oleh Oleh Dari Pulau Lombok

Pesona Kuliner Pulau Lombok


Lombok adalah tujuan wisata yang terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan, baik dari wisatawan Indonesia maupun turis mancanegara. Selain itu karena pemandangannya yang indah dan beragam. Ternyata, Lombok memiliki daya tarik tersendiri. Diantaranya, akan membuat kerajinan dan souvenir unik seperti beragam dari Lombok yang kita tinggalkan jika kalian ada di sana.

Berikut ini adalah daftar makanan dan souvenir Lombok yang tidak bisa dilewatkan untuk pelancong di lombok:

1. Plencing Kangkung


Dilihat dari namanya, makanan fenomenal khas Lombok ini terbuat dari kangkung. Kale di lombok memiliki tekstur yang lebih besar dari yang ada pada umumnya. Cara membuat plending itu sangat mudah, kecambah dipotong-potong dan didihkan sampai matang. Lalu bersihkan dengan saus tomat. Saus tomat disini lebih istimewa karena campuran kapur dan pasta udang yang menambah kenikmatan. Piring Kale ini bisa Anda nikmati di Rumah Makan yang difilmkan di Lombok.


2. Ayam Taliwang


Ayam adalah makanan yang paling populer di taliwang Lombok. Untuk memasak ayam taliwang ini ada beberapa pilihan, bisa digoreng, dipanggang, dan dipanggang. Makanan ini akan lebih enak jika menggunakan ayam buras yang masih belia. Kesenangan yang mencolok pada ayam bebek taliwang ini sangat pedas. Ini sangat cocok untuk anda penggemar masakan pedas. Anda bisa menemukannya di rumah ayam kampung taliwang makan sayang-sayang kota Mataram.

3. Kelaq Kelor


Kelaq Kelor adalah salah satu khas Lombok Timur. Bahan utama dari hidangan ini adalah daun kelor. Biasanya kalau di tempat lain, daun kelor biasa memandikan mayat. Uniknya, daun kelor di sini berfungsi sebagai sayuran. Biasanya daun sayuran dimasak di kelor node. Disajikan dengan nasi dan sambal terasi khas lombok. Sebagian besar restoran di Lombok Timur menjadi sayuran ini sebagai menu utama.

4. Nasi Kotaraja


Keistimewaan Lombok Timur dari masakan ini sangat luar biasa. Namun, jika Anda sudah mencoba kelezatan nasi khas Kotaraja ini pasti akan ketagihan. Awalnya, nasi yang disajikan dengan suplemen tidak jarang dan sambal sabie. Jangan lupakan itu bumbu campuran daging sapi lalu di mandi, di geprek dan di FRY. Sambal sabie terbuat dari cabe rawit dan campuran bumbu khas lombok. Anda bisa menikmati kuliner di desa Kotaraja Lombok Timur.


5. Broil Bulayak


Ini adalah santapan masakan Lombok yang terdiri dari Sate dan bulayak. Bulayak disini adalah semacam gelombang sferis yang meluas. Keunikan bulayak atau ketupat Lombok ini dibalut dengan daun Palm ini. Sate bulayak tidak menggunakan saus kacang dalam porsi. Tapi gunakan bumbu khusus yang dimasak dengan campuran santan kental dan Pecan.


6. Jaje Raket


Jeje Raket dalah salah satu nama jajanan khas di Lombok. Keistimewaan Lombok yang terbuat dari beras ketan adalah putih atau hitam. Nasi lengket dikukus terlebih dahulu. Ketombe ketel disebut. Sementara benar-benar sudah dibungkus daun pisang menjadi strip yang disebut reket jaje. Jaje reket biasanya masak dengan cara dibakar. Pasar jebakan yang satu ini banyak dijual di pasar tradisional.

7. Tumbek


Jajanan Lombok khas selanjutnya adalah tumbek. Tumbek terbuat dari tepung ketan yang di campur dengan gula dan parutan kelapa. Kemudian campurkan bahan ini dikukus sampai matang. Setelah itu taruh di tumbek yang terbuat dari daun kelapa dan dikukus lagi sampai daunnya layu.


8. Tikel


Inilah makanan ringan khas Lombok yang paling diminati. Tikel adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur parutan kelapa dan garam. Campur bahan ini dibungkus daun kelapa yang sebelumnya diberi isian pisang di dalamnya lalu dikukus sampai matang. Camilan ini ditemukan di pasar tradisional Lombok Timur.


9. Rumput rumput laut


Dulu yang satu ini terbuat dari tepung rumput laut, gula dan campuran buah-buahan seperti mangga, pisang, nangka, dan lain-lain. Rumput laut Dodol sangat cocok sebagai souvenir. Jika kalian tidak bisa mengunjungi Lombok tapi ingin merasakan dodol. Tak perlu khawatir, karena dunkhead ini bisa dipesan secara online. Karena sudah banyak yang menjual rumput dodol sebagai salah satu souvenir di Lombok secara online.


10. Tarek


Tarek atau yang biasa disebut Goro-goro adalah camilan khas Lombok yang terbuat dari tepung beras. Tepung beras kukus lalu di tambahkan larutan diuleni dari kapur sirih agar garing. Sebelum menggoreng, dibuat dulu sebagai bunga.

11. Es tape


Tape atau Poteng adalah salah satu spesialisasi yang ada di Lombok. Disini rekamannya diolah menjadi minuman: dengan es plus, susu dan santan. Campur bahan ini tambahkan minuman khas khas Lombok.

1 comment:

  1. terima kasih atas informasinya, bisa juga cek artikel mengenai kartu pra kerja jika berkenan. terima kasih

    ReplyDelete