Friday, May 19, 2017

Kuliner Paling Enak di Salatiga Yang Wajib Dicoba

Nikmati Kuliner di Salatiga


Salatiga adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang cukup sejuk karena terletak di lereng Gunung Merbabu. Meski merupakan kota dengan luas yang tidak terlalu besar, Salatiga tetap menarik untuk dikunjungi. Berbagai wahana rekreasi bisa Anda jajal untuk sekedar bersantai sendiri. Wisata kuliner yang beragam di London ini juga akan memberi pengalaman menyenangkan pada siapa saja yang mengonsumsinya. Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk memuaskan indera indera Anda.

1.  Tumpang Koyor


Salah satu kuliner khas Salatiga yang masih jarang ditemukan di daerah lain adalah menumpuk ke koyor. Makanan yang terbuat dari otot, tulang, dan tetelan daging sapi mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga biasanya datang dengan daun pepaya goreng. Menunya khas karena menggunakan tempe wangi sebagai bahan busuk.

Seorang koyor paling pas untuk menangkal fajar dingin Salatiga, oleh karena itu sebagian besar warung yang menjajakannya hanya buka di pagi hari. Di antara sekian banyak penjual tumpeng koyor, Dahar Mbah Rakinem bisa dibilang menyajikan cita rasa terbaik. Sudah terjual sejak tahun 1970 membuat hidangan koyor Mbah Rakinem dijamin lezat. Warung buka pukul 7.00 WIB dan biasanya pukul 10.00 WIB barang dagangan Mbah Rakinem sudah habis. Untuk makan makanan khas Salatiga adalah Anda cukup mengeluarkan uang Rp 10.000,00.


2. Tempat Wisata Joglo Bu Rini


Bagi anda yang sudah jenuh dengan suasana kota yang penuh dengan polusi, ada baiknya Anda bersantai di Joglo Bu Rini. Restoran ini akan menawarkan sejumput hijau sawah di sekelilingnya. Menunya bermacam rusuk olahan. Sedangkan untuk minumannya, terdiri dari banyak pilihan, mulai dari yang tradisional hingga jus wedang.

Kios yang hampir tidak pernah sepi buka dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Suasana yang indah membuat Warung Joglo Bu Rini menjadi pilihan favorit untuk bersantai sambil berburu kuliner.

3. Stall Lawuh Ndeso Salatiga


Masakan jawa tentu yang paling dicari jika berada di Jawa Tengah, tak terkecuali di Salatiga. Jika Anda ingin mencoba masakan Jawa namun saat ini tidak mempunyai banyak waktu, Anda bisa mengunjungi kios Lawuh Ndeso Salatiga. Mulai dari brongkos, sambal goreng krecek, beragam pepes dan sayuran tersedia dan disajikan dalam prasmanan.

Menu makanan terlaris ini sop. SOP ini berisi daging, jagung, wortel, tahu dibungkus dengan telur dadar tipis. Telur itu dibuka hingga berbentuk seperti bunga matahari dan disiram kuah kaldu. Stall Lawuh Ndeso Salatiga hanya buka sampai siang dan bertempat di Jalan Langanrejo No. 6, Sling, Salatiga.


4. Kafeole Coffeeshop & Resto


Hampir semua orang pernah berkhayal menikmati malam yang dingin di kota Salatiga saat bersantap ria diiringi adulasi. Tidak terlalu sulit untuk mewujudkannya, karena tempat makan yang romantis di Salatiga cukup mudah ditemukan. Tapi tak ada yang bisa mengalahkan suasana Kafeole Coffeeshop & Resto.
Tanaman hijau memenuhi halaman Kafeole, bahkan bisa menutupi antara gazebo. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati musik live setiap malam dalam seminggu yang menambah suasana romantis. Menunya cukup bervariasi, mulai dari masakan Indonesia hingga masakan cina dan pilihan minumannya juga cukup lengkap. Kafeole Coffeeshop & Resto terletak di Tentara Siswa No. 61 dari Salatiga, dan buka dari jam 10 pagi sampai 11 malam.

5. Tempat nongkrong di Salatiga


Beberapa saat bersantai dengan rekan kerja atau keluarga menjadi momen yang terasa enak, apalagi di tempat yang juga asyik. Tak perlu bingung jika mencari tempat nongkrong di Salatiga. Karena ada banyak atraksi di London yang sebentar lagi lenyap dari rutinitas sehari-hari. Sebut saja satu Bidang Pancasila yang berada di Kalicacing, Sidomukti, Salatiga. Di sekitarnya ada banyak kios Lapangan Pancasila yang menjual souvenir dan warung makan.

Selain itu juga menyediakan banyak kafe, resort, dan restoran Salatiga bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu sambil menikmati wisata kuliner di Salatiga. Seperti halnya di Stasiun Kemasan di Jalan Yudistira No.3, Dukuh, Salatiga. Atau jika Anda menginginkan makanan yang berat, bisa menemukan The Biztro di jalanan Bima No. 28, Gang Bima, Dukuh, Sidomukti, salatiga.


6. Kafe di Salatiga


Miliki suasana Cafe sementara tradisional diproses menyatap bukan hal-hal yang tidak memungkinkan. Salah satu kafe di Salatiga, D Telo-9 Cafe terletak di jalan Argowiyata 8A Salatiga satu. Sesuai dengan namanya, café ini menyediakan berbagai macam telo atau singkong halus sebagai menu andalannya.

Selain menyediakan singkong dipresto, ada juga masakan khas Jawa lainnya yang terbuat dari singkong, begitu pula klenyem dan mentho. Makanan berat pun tersedia di kafe, seperti nasi goreng, steak, dan lainnya. Kafe buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 21.30.

No comments:

Post a Comment