Saturday, June 3, 2017

Wisata Kuliner Solo Yang Tak Boleh Dilewatkan

1. Timlo Sastro


Jika Anda berkewajiban untuk mencicipi kuliner Timlo, wajib di Solo. TimLo dapat dengan mudah Anda jumpai di seluruh Solo, tapi kami mendorong Anda untuk mengunjungi timlo 'legenda' Timlo Sastro.

Seperti apa sih timlo? TimLo adalah sejenis kaldu ayam sup kuliner yang mengandung wortel, ati gizzard, kentang, sosis dan daging ayam solo. TimLo biasa makan nasi dan biskuit. TimLo Sastro adalah salah satu timlo yang populer sejak 1952.

TimLo Sastro berada di belakang Pasar Gede Timur, sebuah lokasi yang mudah dijangkau karena sudah sangat populer. Atraksi kuliner buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore. Satu lagi yang unik adalah, di sini Anda akan ditemani oleh musik live yang dimainkan oleh kelompok keroncong yang romantis dari troubadours yang 'dikontrakkan' untuk menghibur pelanggan.

2. Resto Beras Bale


Nikmati masakan Solo di tengah sawah hijau akan menjadi pengalaman menarik yang sulit dilupakan Anda. Angin sepoi-sepoi yang sejuk juga bisa menambah kesenangan makan Anda dan bersantai bersama keluarga. Semua hal ini bisa Anda temukan pada nasi Bale Resto yang terletak di Jalan Kadilangu, Pandeyen Tray, Solo.

Atraksi kuliner memiliki konsep hidangan malam dan siang yang berbeda. Pagi sampai sore hari, menu yang disajikan adalah masakan tradisional seperti tumis tahu, tempe, aduk banyak paha obesitas dan kakap kari kelapa. Untuk sore hari, Anda bisa menemukan berbagai olahan seafood yang lezat. Jangan lupa memesan bumbu kelapa muda panggang. Perpaduan unik antara minuman air kelapa muda yang disajikan dengan ramuan panggang ini mengandung jahe, sereh, cengkeh dan kayu manis. Cara menikmatinya, cukup air bumbu ini bercampur menjadi tempurung kelapa.

Resto nasi bale buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam.

3. Roemahkoe Resto


Roemahkoe Resto atau yang juga dikenal dengan Barrel Restaurant adalah tempat kuliner yang wajib dikunjungi orang Jawa. Bertempat di Jalan Radjiman 501, obyek wisata kuliner merupakan salah satu kompleks dengan nuansa dan penginapan yang sama.

Keistimewaan Roemahkoe Resto adalah sereal nasi jemblung yang luar biasa. Jemblung nasi disajikan bersama dengan stews yang dimasak dengan lidah sapi. Betapa unik dan indahnya, pada nasi daun pisang, dibentuk menyerupai cincin rakasasa, lidah sapi lalu ditaruh di tengah ring. Untuk melengkapi nasi ini, sambal terasi, dihiasi kulit mentimun dan kerupuk yang diiris.

Untuk minumannya, jangan lupa untuk memesan cemol yang juga merupakan sajian istimewa. Cemol terbuat dari air, gula, jahe, sereh, kelapa, kacang panggang dan roti iris. Selain hidangan spesial, Roemahkoe Resto juga menyediakan hiburan dalam bentuk live music pada Jumat malam dan Sabtu malam.

4. Pancake Notosuman


Di Bandung, jajanan dikenal dengan nama surabi, dalam nama Solo bergeser sedikit ke dalam pancake. Pancake Pancake adalah Notosuman yang populer yang terletak di Jalan Moh. Yamin (dahulu Jalan Notosuman).

Pancake ini berbeda dengan yang ada di Bandung. Pancake Notosuman tidak disajikan dengan saus, variannya pun terasa hanya ada dua yang asli dan Brown. Meski begitu, jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan kelapa masih banyak diminati oleh warga Solo dan juga wisatawan dari luar kota. Rasa gurih sangat pas dinikmati dengan teh di sore hari.

5. Galabo Solo

Malam dan perut lapar? Kunjungi pasar malam Sate (Gladag Finland Bogan) yang berada di jalan Major Sunaryo. Pasar malam ini buka dari jam 5 pagi sampai jam 5 pagi, sedangkan di siang hari, lokasi ini berfungsi sebagai jalan raya.


Selain deretan tenda dan bangku, pasar malam juga dilengkapi dengan akses WiFi gratis dan live music sebagai hiburan pengunjung. Beragam masakan Solo yang bisa Anda temukan di sini seperti tengkleng, sate, mie, thoprak kere wedang ronde dan lain-lain. Beberapa yang populer di sini adalah Sate Kere Yu Rebi dan susu segar Shi Jack.

6. Warung Mbak Strait Lies

Pernah dengar kuliner bernama Selat? Selat sebenarnya adalah sejenis salad, tapi namanya berubah setelah disinggung warga setempat. Salah satu wisata kuliner yang melayani Selat Warung Mbak ini terletak di Jalan Serengan 42.

Menu andalan di Warung Mbak Strait Lies ini adalah Strait bestik. Selat bestik adalah campuran daging sapi iris, telur rebus, kentang goreng, wortel, kacang, selada, acar mentimun, irisan bawang merah dan mayonaise. Minuman yang sesuai untuk menemani Anda makan Selat adalah es. Di sini, Anda bisa memilih gula merah, gula putih atau sirup sebagai pemanis.

Baca juga artikel wisata kuliner lainnya :
-https://wisatadunia.net/wisata-kuliner-solo/

No comments:

Post a Comment